33 Macam Style dan Subgenre di Anime, Kenali Sebelum Menonton

Jakarta, CNN Indonesia

Anime alias animasi khas Jepang kian digandrungi dari waktu ke waktu. Selain banyaknya judul baru dengan cerita segar, hal ini tak terlepas dari beragamnya jenis atau style di anime yang sangat bervariasi.

Sebenarnya style di anime seperti halnya di movie pada umumnya. Ada cerita romansa, komedi, laga (motion), fiksi sains (sci-fi), sampai horor.

Bedanya, anime punya beberapa subgenre dengan istilah Jepang. Subgenre ini melengkapi pengemasan anime tersebut.

Berikut macam-macam genre dan subgenre yang ada di anime, dirangkum dari berbagai sumber.

Genre Anime

Ilustrasi. Terdapat banyak sekali style di anime. Berikut daftar genre anime dan artinya. (Zero-G by means of Imdb/ Anime My Roommate is a Cat)

Style di anime Jepang ini mewakili unsur utama cerita yang ada di dalamnya. Setidaknya ada 17 style anime dan artinya untuk kamu ketahui sebelum menonton.

1. Motion

Anime dengan genre motion menghadirkan cerita dengan balutan aksi perkelahian atau pertempuran, baik yang menggunakan senjata maupun tidak.

Biasanya, anime bergenre action akan memberikan tayangan-tayangan perkelahian yang detail, seperti gerakan, jurus, sampai efeknya.

2. Experience

Adventure biasanya mengisahkan soal perjalanan atau penjelajahan dari para tokohnya. Perjalanan ini untuk mencapai tujuan, ambisi, hingga misi tertentu.

3. Avant Garde

Anime dengan style ini bisa disebut tidak biasa, baik dari sisi karakter yang unik, gaya seni inovatif, dan unsur-unsur present day populer lainnya.

4. Boys Really like

Genre ini memberikan kisah hubungan romantis laki-laki dengan sesama jenis. Kadang kala merujuk pada adegan-adegan seksual.

5. Comedy

Anime dengan style komedi pasti menampilkan kisah yang mengundang gelak tawa dan menghibur. Umumnya, kisah yang ditampilkan berakhir bahagia dan jarang ada ketegangan.

6. Drama

Anime dengan genre ini menampilkan kisah kehidupan dengan karakter yang realistis dengan berbagai konflik dan emosi yang kompleks. Terkadang, akan ada bagian yang dibuat dramatis dan membangkitkan rasa haru dan air mata.

7. Fantasy

Cerita di anime ini penuh imajinasi atau hal-hal yang tidak ada di dunia nyata, seperti kekuatan magis, makhluk aneh, hingga elemen yang tidak lazim atau tidak bisa dijelaskan oleh sains.

8. Women Love

Terbalik dari Boys Enjoy, genre ini menyuguhkan kisah romantis perempuan dengan perempuan. Kadang pula berisi konten seksual.

9. Gourmand

Genre ini biasanya menghadirkan karakter utama sebagai koki, penikmat makanan, atau kehidupan kisah seputar makanan dan minuman. Biasanya, akan ada adegan rinci soal resep dan proses memasak.

10. Horror

Anime dengan style ini menampilkan cerita yang menakutkan, baik karena sosok tidak kasat mata atau hantu, makhluk aneh yang mengerikan, dan lainnya.

11. Thriller

Berbeda dengan horor yang menakutkan dan mungkin membuat penonton tidak ingin lanjut menonton, style misteri justru menonjolkan rasa penasaran. Singkatnya, penonton dibawa memecahkan teka-teki di kisah pembunuhan, kejahatan, dan lainnya bersama tokoh utama.

12. Romance

Style ini penuh kisah romantis selayaknya perjuangan cinta. Narasinya akan fokus ke kisah cinta karakter utama, baik dari sisi emosi sampai konflik yang dihadapi.

13. Sci-Fi

Berbeda dengan fantasi yang memunculkan hal-hal di luar sains, sci-fi justru menggunakan sains, namun umumnya yang berupa masa depan. Artinya, kisah dibuat dengan bayangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa dijelaskan secara ilmiah.

14. Slice of Daily life

Ringkasnya, style ini mengisahkan cerita kehidupan sehari-sehari yang dialami manusia. Namun, biasanya ada nilai-nilai kehidupan di dalamnya.

15. Sports

Style ini fokus pada dunia olahraga, seperti cerita perjuangan atlet atau tim cabang olahraga tertentu dengan segala bumbu konfliknya.

16. Supernatural

Style ini mirip dengan fantasi. Bedanya, pada fantasi semua tokoh punya hal-hal yang tidak biasa. Sementara di supernatural, biasanya hanya karakter tertentu, misalnya ada seorang manusia yang tiba-tiba menjadi setengah iblis.

17. Suspense

Serupa dengan misteri, di style suspense penonton diberi ketegangan, ketakutan, kecemasan. Tapi, biasanya ada beberapa pengalihan informasi di dalam cerita, sehingga tidak benar-benar sedang mengungkap sebuah peristiwa, namun penonton tetap dibuat penasaran.

Gif Rekomendasi Anime

Apa saja subgenre di anime? Lanjut baca di sebelah…


Genre dan Subgenre di Anime

BACA HALAMAN BERIKUTNYA